Balikpapan Fest 2020 Bidik Rekor MURI, Hadirkan Kemeriahan Budaya Dan 2.500 Penari

Balikpapan Fest 2020 Bidik Rekor MURI, Hadirkan Kemeriahan Budaya Dan 2.500 Penari

Tahun ini Kota Balikpapan akan memasuki usia ke-123. Sebagai puncak perayaannya perhelatan akbar Balikpapan Fest 2020 digelar sepanjang periode 5-16 Februari 2020. Melalui rangkaian acaranya yang meriah Balikpapan Fest 2020 membidik rekor MURI.


Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan Balikpapan Fest 2020 akan menjadi rangkaian acara yang luar biasa untuk diikuti oleh para wisatawan. Ini karena di Balikpapan Fest 2020 semua kekayaan Balikpapan dihadirkan dan dikemas dengan menarik.

"Ini akan menjadi pesta akbar untuk budaya dan ekonomi kreatif di Balikpapan. Terlebih, semua elemen masyarakatnya yang kreatif dan produktif ikut terlibat," ujar Rizal Effendi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (5/2/2020).

Festival budaya dan ekonomi kreatif ini diawali dengan opening ceremony yang diselenggarakan Kamis, (6/2/2020) di Balikpapan Tennis Stadium.



Pada acara pembukaan yang bertajuk "The Age of Collaboration" tersebut wisatawan dijamu dengan pertunjukkan musik, tari-tarian, fashion show, hingga kuliner Balikpapan yang kaya. Selain itu masih ada juga karnaval, festival film, pertunjukkan orkestra, dan cerita rakyat.

Kemeriahan Balikpapan Fest 2020 kemudian dilanjutkan dengan Balikpapan Menari yang merupakan salah satu bagian dari rangkaian festival. Sebanyak 2.500 penari akan hadir menyuguhkan tari-tarian dari seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, Balikpapan Menari pun akan menampilkan keindahan kostum-kostum unik, pesta rakyat, festival band, artis tanah air pada malam harinya. "Kami selalu fokus pada beragam kearifan lokal di Balikpapan dan acara Balikpapan Menari menjadi salah satu upaya pelestarian seni dan budaya lokal. Seluruh warga dilibatkan, terutama generasi milenial yang merupakan generasi penerus," lanjut Rizal.

Balikpapan Fest 2020 pun semakin atraktif dengan pagelaran Balikpapan Fashion Carnival yang dipastikan akan menyedot 50.000 pengunjung.

Fashion show kolosal tersebut akan menampilkan suasana karnaval, pertunjukkan budaya, dan kostum tematik. Demi mendukung penyelenggaraannya pada 15 Februari 2020 mendatang, disediakan runway sepanjang 2 kilometer.

Pada 13-16 Februari 2020, festival pesisir Coastal Sunset Tale akan digelar di Pantai Manggar, Balikpapan. Festival ini akan menghadirkan penampilan seni dan budaya tradisional, bazaar boga bahari, instalasi seni, kompetisi perahu, festival layang-layang, orkestra, dan masih banyak lagi.
“Balikpapan Fest 2020 akan menjadi tujuan wisata yang fantastis juga. Bukan hanya menggembirakan, tapi juga ada inspirasi besar di situ,” jelas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani. Mendukung perkembangan ekonomi kreatif Balikpapan Fest 2020 juga memberi ruang bagi pelaku industri kreatif untuk memasarkan karyanya melalui sejumlah acara pendukung yang diselenggarakan pada 5-11 Februari 2020.

Sebagai pemanasan sebelum pelaksanaan Balikpapan Fest 2020 sebuah acara bertajuk BPN Go 123 diselenggarakan pada Rabu, (5/2/2020).

Kemudian pada 7-9 Februari 2020 mendatang akan diselenggarakan Balikpapan Fashion Week di Balikpapan Superblock. Acara ini akan dimeriahkan dengan bazaar fesyen, lifestyle, talkshow dengan perancang busana tanah air, dan runway tematik.

Balikpapan Fashion Week dipastikan dapat menyedot 10.000 pengunjung. Ini karena acara tersebut akan menampilkan Laudya Cyntya Bella dan 30 perancang busana populer lainnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Balikpapan Doortje Marpaung mengatakan Balikpapan Fest 2020 akan menjadi ruang bagi pelaku industri kreatif untuk memamerkan dan memasarkan karyanya.

"Mereka bisa mengekplorasi kualitasnya lalu memamerkannya kepada publik. Dari situ, nantinya diharapkan ada input ekonomi yang bagus,” kata Doortje.

Balikpapan Fest 2020 akan semakin menarik dengan diselenggarakannya Balikpapan Film Festival pada 11 Februari 2020, di Gedung Kesenian Balikpapan. Gelaran tersebut diisi dengan loka karya film, screening film, malam penghargaan, dan artist talk.



Dikutip dari: https://travel.kompas.com/read/2020/02/05/224513427/hadirkan-kemeriahan-budaya-dan-2500-penari-balikpapan-fest-2020-bidik-rekor?page=all
Penulis : Farhanah
Editor : Sheila Respati

Komentar