Visit Kaltim Fest (VKF) 2021 Seri Pertama Borneo Fashion Bration (BFB) : Wastra Nusantara (1)

Visit Kaltim Fest (VKF) 2021 Seri Pertama Borneo Fashion Bration (BFB) : Wastra Nusantara (1)

Gubernur Kaltim Isran Noor membuka acara Visit Kaltim Fest 2021 seri 1 secara virtual, Sabtu 16 Januari 2021.

Acara yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim ini juga sekaligus memeriahkan momentum HUT Ke-64 Provinsi Kaltim. Diikuti oleh 50 desainer dan melibatkan 40 orang model.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni  mengatakan, Visit Kaltim Fest 2021 merupakan agenda tetap dari Dinas Pariwisata Kaltim dalam format festival.

Tahun ini dilaksanakan secara virtual karena Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19.

“Mengapa kita mengambil format virtual? Karena saat ini kita masih berada dalam situasi pandemi, tetapi aktualisasi seni kita mengangkat subsektor ekonomi kreatif, maka virtual event menjadi pilihan saat ini,” ucapnya.

Dia menyebut, Borneo Fashion Bration (BFB) mengusung tagline Watra Indonesia, Dari IKN untuk Nusantara.

“Yang pertama, kita ingin mengenalkan Kalimantan Timur punya potensi di subsektor fesyen, yang bisa menjadi sumber pendapatan terbaru,” ujarnya.

Sri Wahyuni menilai, pada masa pandemi, sektor fesyen tidak boleh berhenti. Dari sisi tatap muka, pengunjung mungkin berkurang. Namun dari sisi daring, pelaku industri masih dapat bergerak secara ekonomi.

Jadi, melalui Virtual Fest, diharapkan dapat menjadi wadah bagi desainer yang bergerak dalam subsektor fesyen dapat memperkenalkan kepada khalayak tentang Wastra Kaltim.

“Jadi ini salah satu media kita untuk mengenalkan pariwisata dan budaya Kaltim. Mungkin pertama, dia akan mengenal Wastra Kaltim tapi setelah itu dia juga akan mencari sejarah dan juga bisa berwisata di tempat-tempat daya tarik wisata. Selain itu juga datang ke workshop pembuatan Wastra Kaltim,” terang Sri.

Dia berharap, dengan terlaksana acara virtual Visit Kaltim Fest 2011 Borneo Fashion Bration dapat menjadi motivasi penggiat industri fesyen dan wisata di Kaltim.

“Di awal tahun ini apalagi merupakan HUT Kaltim Ke-64 maka virtual Visit Kaltim Fest 2021 ini kita harapkan dapat menjadi penyemangat dan motivasi dari rekan-rekan mitra industri pariwisata,” katanya.

“Meskipun pandemi, kita harus memanfaatkan momentum untuk berkreasi, berinovasi dari ruang virtual, untuk menjadi mitra memperkenalkan apa yang kita lakukan,” lanjutnya.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor berharap, rangkaian seri Visit Kalimantan Timur akan mengangkat pariwisata Kaltim untuk lebih maju dan menggantikan ketergantungan terhadap sumber daya alam lain.

Anggota DPR RI Hetifah Sjaifudian memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Menurutnya, acara ini akan membuka promosi pariwisata dan mengangkat budaya serta ekonomi kreatif Kalimantan Timur.

“Kami sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan Kaltim Visit 2021 ini, yang digabungkan juga untuk memperingati HUT Pemprov Kaltim. Tentu di usia yang tidak muda, tapi semakin matang dalam perjalanannya sudah mencapai banyak kemajuan, baik dari sisi infrastruktur SDM dan tentunya sektor pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif. Saya ucapkan selamat dan bangga atas pencapaian Kaltim,” ujarnya.

“Tentu saja tidak kalah membanggakan, Kaltim juga mendapat kehormatan menjadi IKN dengan segala hal tentunya. Kita semua sangat bangga, ini dapat menjadi kesatuan yang berharga untuk mempromosikan berbagai potensi wisata dan budaya, ekonomi kreatif,” lanjutnya.

Legislator Senayan ini juga yakin budaya Kaltim akan semakin berkembang di tingkat nasional bahkan dunia.


Dikutip dari : https://headlinekaltim.co/gubernur-buka-visit-kaltim-fest-2021/
Penulis : Ningsih
Editor: MH Amal

Komentar