Pelatihan Wisata Pulau Kaniungan Liburan Akhir Tahun

Pelatihan Wisata Pulau Kaniungan Liburan Akhir Tahun

BERAU, KOMPAS.TV - Pulau Kaniungan yang berada di Kampung Teluk Sumbang, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Sebanyak 20 warga lokal setempat yang biasa menjadi tour guide melakukan latihan snorkling dan diving yang dipandu langsung oleh dua instruktur sentra selam Yogyakarta, pada jumat sore 13 november 2020.

Latihan yang digelar oleh dinas pariwisata Kaltim ini bertujuan agar pemandu wisata yang ada di Kecamatan Biduk-biduk lebih berkompeten. Pasalnya ini menyangkut keamanan dan kenyamanan sehingga wisatawan yang datang mendapatkan kepuasan tersendiri.

Selain itu, mereka juga diajarkan terkait protokol kesehatan covid-19 untuk menyambut wisatawan yang datang di masa new normal dan libur akhir tahun 2020 nanti.

Salah seorang pemandu wisata yang bernama Sadam mengaku sangat senang dengan pelatihan yang diberikan. Pasalnya, selama memandu wisatawan mereka hanya belajar snorkling dan diving secara otodidak dan tidak ada yang melatih.

Sementara itu, kepala dinas pariwisata Kaltim Sri Mulyani menuturkan pelatihan selam ini diadakan karena Pulau Kaniungan ini perkembangannya cukup pesat, jadi para tour guide tersebut dilatih agar bisa lebih baik memandu para wisatawan yang melakukan snorkling dan diving di Pulau Kaniungan.

Di pulau seluas 55,4 hektare ini wisatawan akan mendapatkan pengalaman seru saat diving maupun snorkeling. Cukup hanya di dekat bibir pantai dan dermaga, wisatawan bisa menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan, bahkan jika beruntung wisatawan bisa berenang dengan penyu.

Di pulau ini wisatawan juga bisa bersantai di pantai pasir putih yang sejuk sambil menikmati pemandangan pegunungan karst yang berada tepat di seberang Pulau Kaniungan.

Komentar