Libur Desember 2020 Pantai Di Balikpapan Tutup Total, Tak Ada Wisata

Libur Desember 2020 Pantai Di Balikpapan Tutup Total, Tak Ada Wisata

Libur Desember 2020, tempat wisata pantai di Balikpapan tutup total, tak ada objek wisata buka di Kota Minyak.

Sesuai edaran Walikota Balikpapan, penutupan ini dilakukan pada tanggal 24, 25 dan 31 Desember 2020 serta 1 Januari 2021.

Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Balikpapan, Zulkifli mengatakan, ini dilakukan imbas kasus covid-19 yang terus meningkat.

"Kita ambil kebijakan untuk menutup dulu tempat wisata, hingga awal tahun. Penutupan ini dilakukan secara total pada objek wisata, ” tuturnya.

Pemerintah Kota pun mengeluarkan kebijakan terkait penutupan sementara terhadap sejumlah lokasi wisata, di antaranya Pantai Segarasari Manggar, Pantai Kemala, Pantai Monpera, Pantai Kilang Mandiri.

Selain itu, Penangkaran Buaya Teritip, Kebun Raya Balikpapan, dan Mangrove Center Graha Indah, juga ditutup, termasuk panti pijat dan kebugaran, arena bola sodok, PUB, bar, diskotek, dan sejenisnya.

Lapangan Merdeka dan sekitarnya, yang menjadi tempat pusat berkumpulnya warga kota Balikpapan, juga tutup.

“Saat ini kita fokuskan yang paling ramai. Pantai yang biasanya menjadi tempat tujuan masyarakat selama libur,” ujarnya.

Penutupan objek wisata, lanjut Zulkifli, bertujuan untuk menghindari adanya kerumunan masyarakat di tengah situasi pandemi.

Selain itu, kebijakan ini juga menyesuaikan surat edaran yang dikeluarkan Gubernur Kaltim dan Walikota Balikpapan.

Yang mana meminta agar tidak ada kegiatan perayaan untuk menyambut Tahun Baru 2021.

Adapun pengawasannya, tim gabungan sari Satgas Covid-19 Kota Balikpapan akan memasifkan razia di sejumlah titik rawan kerumunan.

"Razia akan kita gencarkan, kita taruh pengawasan di beberapa titik untuk menjaga agar tidak terjadi kegiatan yang menimbulkan kerumunan," ucapnya.


Dikutip dari: https://kaltim.tribunnews.com/2020/12/22/libur-desember-2020-pantai-di-balikpapan-tutup-total-tak-ada-wisata
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Rahmad Taufiq

Komentar