SEKSI PROMOSI PARIWISATA

Seksi Promosi Pariwisata mempunyai tugas melaksanakan penyusunan program dan penganggaran, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan pelayanan data dan informasi, dan pemantauan evaluasi kegiatan dibidang Promosi pariwisata nusantara dan mancanegara, event pariwisata nusantara dan mancanegara, sales mission/table top, pengembangan promosi pada segmen pasar pariwisata (alam, buatan, sejarah dan religi, pedesaan dan perkotaan), dan pengembangan jaringan kerjasama promosi segmen pasar pariwisata.

 

Dalam melaksanakan tugas seksi promosi pariwisata menyelenggarakan fungsi :

1. Penyiapan perumusan kebijakan pada Promosi pariwisata nusantara dan mancanegara, event pariwisata nusantara dan mancanegara, sales mission/table top, pengembangan promosi pada segmen pasar pariwisata (alam, buatan, sejarah dan religi, pedesaan dan perkotaan), dan pengembangan jaringan kerjasama promosi segmen pasar pariwisata

2. Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria Promosi pariwisata nusantara dan mancanegara, event pariwisata nusantara dan mancanegara, sales mission/table top, pengembangan promosi pada segmen pasar pariwisata (alam, buatan, sejarah dan religi, pedesaan dan perkotaan), dan pengembangan jaringan kerjasama promosi segmen pasar pariwisata

3. Koordinasi pelaksanaan kebijakan Promosi pariwisata nusantara dan mancanegara, event pariwisata nusantara dan mancanegara, sales mission/table top, pengembangan promosi pada segmen pasar pariwisata (alam, buatan, sejarah dan religi, pedesaan dan perkotaan), dan pengembangan jaringan kerjasama promosi segmen pasar pariwisata

4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi Promosi pariwisata nusantara dan mancanegara, event pariwisata nusantara dan mancanegara, sales mission/table top, pengembangan promosi pada segmen pasar pariwisata (alam, buatan, sejarah dan religi, pedesaan dan perkotaan), dan pengembangan jaringan kerjasama promosi segmen pasar pariwisata

5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Promosi pariwisata nusantara dan mancanegara, event pariwisata nusantara dan mancanegara, sales mission/table top, pengembangan promosi pada segmen pasar pariwisata (alam, buatan, sejarah dan religi, pedesaan dan perkotaan), dan pengembangan jaringan kerjasama promosi segmen pasar pariwisata

 

Uraian tugas Seksi Promosi Pariwisata yaitu:

1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program Seksi Promosi Pariwisata baik nusantara maupun mancanegara.

2. Menyiapkan bahan penyusunan pelaksanaan kegiatan berdasarkan program agar kegiatan dapat terlaksana tepat waktu.

3. Mendistribusikan tugas kepada pegawai sesuai dengan jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

4. Mengawasi dan mengendalikan kegiatan promosi pariwisata baik nusantara maupun mancanegara berdasarkan peraturan untuk optimalisasi tugas.

5. Melakukan pengumpulan dan menyiapkan bahan pembinaan promosi pariwisata nusantara dan mancanegara.

6. Pembinaan dan Pengelolaan event pariwisata.

7. Penyiapan bahan penyelenggaraan dan kerjasama penyelenggaraan event serta berpartisipasi dalam pameran/event pemasaran pariwisata nusantara dan mancanegara.

8. Promosi pariwisata nusantara dan mancanegara dan promosi melalui sales mission/table top.

9. Pengembangan promosi segmen pasar pariwista (alam, buatan, sejarah/religi, pedesaan dan perkotaan).

10. Pengembangan jaringan kerjasama promosi segmen pasar pariwisata.

11. Melakukan pembinaan dan penilaian pegawai sesuai peraturan dengan cara memberikan pengarahan sesuai peraturan dan pedoman yang ada dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai.

12. Menyiapkan bahan laporan hasil monitoring realisasi kegiatan promosi pariwisata nusantara dan mancanegara sebagai bahan evaluasi kegiatan selanjutnya.

13. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan promosi pariwisata nusantara dan mancanegara untuk mengetahui tingkat pencapaian kegiatan, permasalahan yang dihadapi serta upaya pemecahan.

14. Melaksanakan tugas lainnya sesuai dengan bidang tugasnya dan melaporkannya kepada atasan.