SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Seksi Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas penyiapan perumusan kebijakan, koordinasi pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan kebijakan perintisan pembangunan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria serta pelaksanaan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang pengembangan potensi masyarakat, sosialisasi sadar wisata, aksi sapta pesona, kelompok sadar wisata dan penguatan jaringan masyarakat pariwisata.

 

Seksi Pemberdayaan Masyarakat menyelenggarakan fungsi :

1. Penyiapan perumusan kebijakan di bidang pengembangan potensi masyarakat, sosialisasi sadar wisata, aksi sapta pesona, kelompok sadar wisata dan penguatan jaringan masyarakat pariwisata.

2. Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria di Bidang pengembangan potensi masyarakat, sosialisasi sadar wisata, aksi sapta pesona, kelompok sadar wisata dan penguatan jaringan masyarakat pariwisata.

3. Koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pengembangan potensi masyarakat, sosialisasi sadar wisata, aksi sapta pesona, kelompok sadar wisata dan penguatan jaringan masyarakat pariwisata.

4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi di bidang pemberdayaan Masyarakat.

5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pemberdayaan masyarakat.

 

Uraian tugas Seksi Pemberdayaan Masyarakat yaitu:

1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program Pemberdayaan Masyarakat pariwisata berdasarkan peraturan yang berlaku sebagai bahan acuan.

2. Menyiapkan bahan penyusunan pelaksanaan kegiatan berdasarkan program agar kegiatan dapat terlaksana tepat waktu.

3. Mendistribusikan tugas kepada pegawai sesuai dengan jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

4. Mengawasi dan mengendalikan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat pariwisata berdasarkan peraturan untuk optimalisasi tugas.

5. Melakukan pengumpulan dan menyiapkan bahan pembinaan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat pariwisata.

6. Pengembangan potensi masyarakat, sosialisasi sadar wisata, aksi sapta pesona, kelompok sadar wisata dan penguatan jaringan masyarakat pariwisata.

7. Melakukan pembinaan dan penilaian pegawai sesuai peraturan dengan cara memberikan pengarahan sesuai peraturan dan pedoman yang ada dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai.

8. Perancangan destinasi pariwisata, amenitas pariwisata, aksesibilitas pariwisata dan ekosistem pariwisata.

9. Menyiapkan bahan laporan hasil monitoring realisasi kegiatan pemberdayaan masyarakat pariwisata sebagai bahan evaluasi kegiatan selanjutnya.

10. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat pariwisata untuk mengetahui tingkat pencapaian kegiatan, permasalahan yang dihadapi serta upaya pemecahan.

11. Melaksanakan tugas lainnya sesuai dengan bidang tugasnya dan melaporkannya kepada atasan.