SEKSI ANALISIS PASAR PARIWISATA

Seksi Analisis Pasar Pariwisata mempunyai tugas melaksanakan penyusunan program dan penganggaran, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan pelayanan data dan informasi, dan pemantauan evaluasi kegiatan dibidang potensi pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara, segmen pasar pariwisata, target pasar wisatawan nusantara dan mancanegara, strategi pengembangan pemasaran pariwisata dan produk hukum pariwisata.

 

Dalam melaksanakan tugas seksi Analisis Pasar Pariwisata Nusantara dan Mancanegara menyelenggarakan fungsi :

1. Penyiapan perumusan kebijakan pada potensi pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara, segmen pasar pariwisata, target pasar wisatawan nusantara dan mancanegara, strategi pengembangan pemasaran pariwisata dan produk hukum pariwisata.

2. Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria potensi pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara, segmen pasar pariwisata, target pasar wisatawan nusantara dan mancanegara, strategi pengembangan pemasaran pariwisata dan produk hukum pariwisata.

3. Koordinasi pelaksanaan kebijakan potensi pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara, segmen pasar pariwisata, target pasar wisatawan nusantara dan mancanegara, strategi pengembangan pemasaran pariwisata dan produk hukum pariwisata.

4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi potensi pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara, segmen pasar pariwisata, target pasar wisatawan nusantara dan mancanegara, strategi pengembangan pemasaran pariwisata dan produk hukum pariwisata.

5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan potensi pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara, segmen pasar pariwisata, target pasar wisatawan nusantara dan mancanegara, strategi pengembangan pemasaran pariwisata dan produk hukum pariwisata.

 

Uraian tugas Seksi Analisis Pasar Pariwisata yaitu:

1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program Analisis Pasar Pariwisata nusantara dan mancanegara.

2. Menyiapkan bahan penyusunan pelaksanaan kegiatan berdasarkan program agar kegiatan dapat terlaksana tepat waktu.

3. Mendistribusikan tugas kepada pegawai sesuai dengan jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

4. Mengawasi dan mengendalikan kegiatan Analisis Pasar Pariwisata nusantara dan mancanegara berdasarkan peraturan untuk optimalisasi tugas.

5. Melakukan pengumpulan dan menyiapkan bahan pembinaan Analisis Pasar Pariwisata nusantara dan mancanegara.

6. Analisis potensi pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara dan segmen pasar pariwisata.

7. Penyusunan target pasar wisatawan nusantara dan mancanegara dan strategi pengembangan pemasaran pariwisata.

8. Analisis kebijakan dan produk hukum pariwisata.

9. Melakukan pembinaan dan penilaian pegawai sesuai peraturan dengan cara memberikan pengarahan sesuai peraturan dan pedoman yang ada dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai.

10. Menyiapkan bahan laporan hasil monitoring realisasi kegiatan Analisis Pasar Pariwisata nusantara dan mancanegara.

11. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan promosi Analisis Pasar Pariwisata nusantara dan mancanegaran untuk mengetahui tingkat pencapaian kegiatan, permasalahan yang dihadapi serta upaya pemecahan.

12. Melaksanakan tugas lainnya sesuai dengan bidang tugasnya dan melaporkannya kepada atasan.