SEKRETARIAT

 

Sekretariat adalah unsur pembantu pimpinan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris Dinas.

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di Dinas Pariwisata.

 

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretariat menyelenggarakan fungsi:

1. Pengelolaan kegiatan Kesekretariatan meliputi Umum, Keuangan dan Perencanaan Program.

2. Pembinaan dan pemberian dukungan Administrasi di Lingkungan Dinas Pariwisata.

3. Pengelolaan barang milik/kekayaan Negara yang menjadi tanggung jawab Dinas Pariwisata.

4. Penyelenggaraan pengawasan dan pengendalian tugas dilingkungan Dinas Pariwisata.

5. Koordinasi kegiatan Dinas Pariwisata.

6. Koordinasi dan penyusunan Rencana Program dan Anggaran Dinas Pariwisata.

7. Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, perlengkapan, kerjasama, komunikasi publik, arsip dan dokumentasi Dinas.

8. Pembinaan dan penataan organisasi tata laksana Dinas Pariwisata.

 

Uraian Tugas Sekretaris:

1. Menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kinerja (RENJA) Dinas.

2. Mengkoordinasikan Subbag Perencanaan Program, Subbag Keuangan dan Subbag Umum.

3. Mengkoordinasikan setiap bidang dalam penyusunan LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai dengan lingkup tugasnya.

4. Merumuskan program dan kegiatan lingkup sekretariat.

5. Menyelenggarakan administrasi keuangan dan asset daerah di lingkup tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

6. Mengkoordinasikan, menghimpun, menganalisa dan mengevaluasi perencanaan program Dinas.

7. Mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan ketatausahaan pada Dinas.

8. Menganalisa kebutuhan pegawai pada Dinas.

9. Membagi jumlah seluruh pelaksana Dinas untuk ditempatkan pada setiap bidang sesuai kebutuhan dan keahlian.

10. Menganalisa kebutuhan, memelihara, mendayagunakan serta mendistribusikan sarana dan prasarana dilingkungan Dinas agar efektif dan efisien.

11. Mengelola administrsi dan penatausahaan keuangan Dinas.

12. Mengelola administrasi kepegawaian Dinas.

13. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternative pemecahannya.

14. Mempelajari, memahami, dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas.

15. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan.

16. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilaidan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

17. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan.

18. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Sekretariat membawahi :

1. Sub Bagian Umum.

2. Sub Bagian Keuangan.

3. Sub Bagian Perencanaan Program.