BIDANG PENGEMBANGAN PEMASARAN PARIWISATA

Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata adalah unsur pelaksana yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata dipimpin oleh Kepala Bidang.

Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata mempunyai tugas penyiapan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan dan strategi pemasaran pariwisata Nusantara dan Mancanegara di bidang data dan informasi pariwisata, promosi pariwisata dan analisis pasar pariwisata.

 

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata menyelenggarakan fungsi :

1. Penyiapan perumusan kebijakan dan startegi pemasaran pariwisata mancanegara dan nusantara berdasarkan data dan informasi pariwisata, promosi pariwisata dan analisis pasar pariwisata.

2. Penyiapan bahan penyusunan rencana dan program, pemantauan, evaluasi, pelaporan dan analisis kegiatan di bidang pemasaran pariwisata mancanegara dan nusantara berdasarkan data dan informasi pariwisata, promosi pariwisata dan analisis pasar pariwisata.

3. Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara dan nusantara berdasarkan data dan informasi pariwisata, promosi pariwisata dan analisis pasar pariwisata.

4. Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara dan nusantara.

5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara dan nusantara berdasarkan data dan informasi pariwisata, promosi pariwisata dan analisis pasar pariwisata.

6. Pelaksanaan administrasi kepala bidang pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara dan nusantara berdasarkan data dan informasi pariwisata, promosi pariwisata dan analisis pasar pariwisata.

7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Uraian tugas Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata;

1. Mengarahkan penyusunan rencana program Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara dan Mancanegara dengan mengarahkan dan memberi petunjuk untuk menyusun rencana kerja.

2. Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan berdasarkan rencana kerja Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara dan Mancanegara sesuai tugas pokok dan fungsi agar dapat dilaksanakan dengan efektif.

3. Mendistribusikan tugas kepada Kepala Seksi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya agar kegiatan berjalan sesuai dengan program kerja masing-masing.

4. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara dan Mancanegara sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya untuk sinkronisasi tugas.

5. Mengendalikan pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara dan Mancanegara dengan membimbing, mengarahkan dan mengawasi untuk optimalisasi tugas.

6. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan data dan informasi pariwisata, promosi pariwisata, dan analisis pasar pariwisata baik nusantara maupun mancanegara.

7. Menyiapkan bahan koordinasi perencanaan program data dan informasi pariwisata, promosi pariwisata, dan analisis pasar pariwisata baik nusantara maupun mancanegara.

8. Melaksanakan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis data dan infromasi pariwisata nusantara maupun mancanegara.

9. Melaksanakan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis promosi pariwisata nusantara maupun mancanegara.

10. Melaksanakan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis analisis pasar pariwisata nusantara maupun mancanegara.

11. Melakukan pengawasan dan penilaian kepada pegawai dengan cara memberikan pengarahan dan pembinaan sesuai dengan peraturan/pedoman dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai.

12. Melakukan monitoring dan evaluasi realisasi kegiatan Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara dan Mancanegara di Kabupaten/Kota sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku untuk mengetahui capaian hasil.

13. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara dan Mancanegara untuk mengetahui tingkat pencapaian kegiatan, permasalahan yang dihadapi serta upaya pemecahan.

14. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugas dan melaporkan kepada atasan.

 

Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata memiliki 3 Seksi, Yaitu:

1. Seksi Data dan Informasi Pariwisata.

2. Seksi Promosi Pariwisata.

3. Seksi Analisis Pasar Pariwisata.